Rabu, 20 Juli 2011

Kemoterapi

Menunggu detik2....hari H kemoterapi.....jujur aku bimbang,takut,ragu....ah,berkecamuk pikiran di kepala,byk yg bilang jangan kemo,ada yg bilang harus kemo....aku coba tanya mbah google bbrp hari sebelum dan hari H nya....

Sampailah hari nya yg di tetapkan,sebelumnya aku bertemu prof.A.Mutholib di tgl 15 juli 2011..pas dpt nomor cadangan,seperti biasa beliau seorang prof.Dr yg super byk pasien,jd bertemu dg beliau adalah sgt tidak mudah...harus membuat janji 2 bln sebelumnya paling cepat,hehehehehehe....tp aku selalu punya trik khusus mendaftar lewat telp agar dapat jadwal di hari beliau praktek,dan tentunya di hari aku mau....alasan biasa,"mas atau mba....tolong dong mohon di bantu,sy pasien stadium 4....benjolan sudah cukup besar,darurat"......seperti biasa aku lolos terus 5 kali bisa jumpa prof.Dr yg banyak punya penggemar ini.Akhirnya tiba giliranku,yg sebetulnya setengah jam sebelumnya suster bilang hari ini prof hanya sampai jam 12.00.....kalau ternyata setengah jam lagi gak kepanggil bagian cadangan sepertiku,berarti buat janji lagi kapan2.....hiks,sedihnya....dlm hati aku ber doa..."tolong Tuhan....Aku harus jumpa prof"....aku sudah dapatkan salinan hasil PA ku.....aku butuh obat dr prof Tuhan.....


Akhirnya suster memanggilku'padahal masih ada 2 pasien lg belum terpanggil...dan jam 12.00 jg sebentar lg...prof melihat hasil PA ku tumor ganas mamma kiri,karsinoma duktal invasif,grade 2.....data hasil imunohistokimia....reseptor estrogen positif (70%'kuat)reseptor progesteron(65%'kuat).......c-erb-b2....*meragukan(30%sedang,setara 2+ pada score Herceptest)......... Mohon melakukan Fish/Cish. Prof bilang di kemo ya cepat,sambil beliau membuat resep untuk aku tebus di YKI....doxorubicin dan endoxan,ternyata aku tebus setengah harga dr harga di rumah sakit,2 jt an lebih,di YKI cuman rp.958.000 danke banget! Di sepanjang jalan aku berdoa pasrah berserah,tak ada yg bisa kulakukan selain kali ini menerima kanker sudah menjadi bagian hidupku,dan aku sudah cukup membiarkan kankerku tak terawat sampai dengan predikat stadium 4' dari payudara sampai menjalar ke paru2ku....hanya karena ke tidaktahuanku semata.....andai masih Kecil dulu ukurannya....aku gak perlu acara kemo2 an.....yg membayangkannya pun aku takut....hiiii....takut???


Tapi tak ada ruang untukku takut lagi,hidup ini pilihan.....jangan salahkan kanker bila semua sudah terlambat.....bukankah begitu??? Akhirnya aku terima semua dengan kepasrahan ya Tuhanku...biarlah hidupku dlm tuntunanmu....aku yakin aku dlm lindungan Tuhanku,Tuhan Jesusku aku takkan sengsara. Hari ini tgl 16 Juli 2011...setelah di chek kondisi jantungku se hari sebelumnya,dan di hari ini priksa darah utk mengecek kondisi hemoglobin,hematokrit,leukosit,trombosit.....smua pd titik yg memungkinkan mendapatkan kemoterapi....akhirnya di bantulah aku oleh beberapa suster yg baik dan sabar melayaniku,mulailah infus vitamin2 pendahuluan buat mengamankan tubuh2 yg nantinya terkena obat kemo yg keras...kurang lebih smua ada 5 botol hari ini,3 botol pembuka buat vitamin dan 2 yg terakhir adalah obat kemonya.....saat obat masuk,perasaanku biasa2 ajah tak ada yg berbeda dan berubah,malah aku makan bihun goreng dan buah melon dengan lahapnya...aku hanya bisa berharap aku bisa melewati kemo ini tanpa ada kendala apapun....


Selesai kemo aku langsung ke rumah,aku bersyukur tidak ada sesuatu yg berbeda,hanya aku tak bisa istirahat pejamkan mata dengan nyenyak......hari ke 2 aku habiskan waktu di rumah sambil berolah raga ringan dg sepeda statis punya beby teman di rumahku,hari ke 3 aku sudah mulai sedikit mual tp ku tahan,aku ke bekasi menengok anak2 di rumah galaxi,hari ke empat aku ke toko bcp di bekasi,mampir ke apartemen dan singgah ke mall bekasi Squer....jujur sepanjang jln aku mual,tp aku lawan....aku tak mau badanku jd kurus selama kemo,banyak cerita itu tidak menjadikan kondisi bagus....jd aku lawan sj,oya beberapa hari ini jg tulang2 aku agak gak enak gt,dadaku yang ada benjolannya jg sakit melebihi biasanya...tp gak apa ini aku anggap bagian perlawanan untuk si kanker gila ini...aku hanya perlu menahan sedikit,sel kanker ini jg sebentar mati smua...


Begitulah akhirnya aku bisa melewati proses kemoku yg pertama dengan segala kesiapanku,kepasrahanku...aku yakin Tuhan akan pakai aku untuk melindungi dan menjaga ke 3 buah hatiku,dan artiku untuk seorang suami yg baik dan mempedulikanku..dan Tuhan akan pakai aku untuk kawan2ku yg menderita kanker dan sakit penyakit apapun yg berat....tak ada kata terlambat untuk semua usaha kita,imani dan amini....Tuhan tak akan memberikan ujian yg melebihi batas kemampuan kt,Tuhan hadir di saat kt datang padanya dengan penuh sungguh....Dia Maha Tahu dan mengerti smua permasalahan kita...jangan pernah menyerah pada nasib kita,smua bisa kita rubah asalkan datang ke Tuhan lebih sungguh lagi.....halleluya Tuhan Jesus memberkati.....

1 komentar:

  1. terima kasih min informasinya sangat bermanfaat sekali .
    oya referensi situs yang lain mungkin bisa juga baca2 disini http://www.tanyadok.com/kesehatan/jangan-takut-dengan-kemoterapi

    BalasHapus